Rabu, 02 Juli 2014

Kita Menangkan "Games" di Bulan Ramadhan Penuh Berkah Ini


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Umat muslim telah memasuki bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Bulan ini selalu dirindukan. Bulan Ramadhan dimana turunnya Alquran merupakan bulan yang melatih umat muslim menjadi semakin bertaqwa. Jangan sampai kita menyia-nyiakan bulan rahmat penuh ampunan ini sebagai bekal kita di akhirat nanti.

Cuplikan khutbah Rasulullah menyambut Bulan Ramadhan:
" Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-NYA.Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. "

Secara lengkap Khutbah Rasulullah menyambut bulan Ramadhan bisa dilihat di Link ini ya..

Melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan harus sesenang seperti saat kita bermain Mario Bross (games indoor waktu kecil dulu). Bahkan zaman teknologi canggih saat ini, terdapat banyak permainan-permainan berburu koin yang sering dimainkan mulai dari anak kecil hingga dewasa. Ketika bermain games tersebut, kita pasti sangat semangat mengumpulkan poin-poin yang sedang kita mainkan. karena poin-poin yang kita kumpukan itu sampai jumlah tertentu, kita mendapat berbagai bonus contohnya saja bonus nyawa :D. Ada lagi, ketika dipermainan, kita dapat menemukan ikon spesial seperti senjata, kekuatan, de el el yang segera kita kumpulkan.

Waktu kecil, saya suka sekali bermain Mario Bross. Saat itu sekitar tahun '98-an zaman-zamannya Sega dan PS. Karena saya perempuan, saya tidak dibelikan permainan itu. Walupun demikian, saya sering ikut bermain bareng dengan sepupu saya, bang Arif, sampai-sampai tak ingat waktu. Sewaktu SMA, saat itu sudah memiliki komputer, saya tidak menemukan Mario Bross di komputer saya. Setelah mengecek Game House  di komputer, saya menemukan permainan Varmintz. Pasti sudah pernah memainkannya kan? Coba deh lihat di komputer atau laptop? Sudah taukan? Iya benar, permainan yang sudah cukup lama ini menceritakan tentang empat musang yang mengoleksi telur emas dan memelewati beberapa rintangan seperti menghindari mobil, orang, hewan, truk dan tak ketinggalan kereta api. Permainan ini membuat pemainnya terasa sangat gemas dan sayang kalau ada telur emas yang tertinggal. Halangan dan rintanganpun dengan gesit dihindari. Saat ini, tentu banyak permainan berburu koin (poin) yang ada di Laptop, Handphone, Tablet, Ipad, Iphone, de el el yang mudah di akses. 

Begitu juga pada saat Ramadhan, amalan-amalan yang kita kerjakan ibarat poin-poin yang harus kita kumpulkan. Mulai dari ibadah wajib sampai ibadah sunnah. kita harus tahu arena games yang kita lewati. Mulai dari adzan magrib sampai adzan magrib selanjutnya, kita harus tau apa saja amalan-amalan yang bisa kita raih. Seperti games di atas, kita harus semangat kalau ingin mengumpulkan banyak koin. kita harus gesit melawan hawa nafsu kita yang berat untuk melakukan ibadah. Kita juga harus menikmati ibadah yang kita lakukan hingga menghasilkan keikhlasan dan ridho Allah.

Sebagai contoh  "poin-poin yang bisa kumpulkan" (amalkan): 
(Bagi laki-laki dianjurkan selalu Shalat berjama'ah di mesjid) 
  • Salat Magrib berjama'ah dilanjutkan Shalat sunnah Rawatib Ba'diyah, kalau sudah selesai buka dan beres-beres langsung berjalan menuju mesjid sebelum adzan Isya. 
  • Sesampai di Mesjid langsung melaksanakan salat sunnah mesjid.
  • Manfaatkan waktu sebelum adzan isya dengan tilawah Quran.
  • Setelah Adzan Isya, jangan lupa doa setelah mendengar Adzan (kalau belum hafal, segera dihafal ya ^_^)
  • Lanjutkan dengan Shalat sunnah Rawatib Qabliyah, Isya Berjama'ah, dan sunnah Rawatib Ba'diyah.
  • Dengar Tausyiah/ Kultum dengan Khusyuk (Di mesjid dekat rumah saya, selalu ada Tausyiah sebelum salat tarawih)
  • Shalat Tarawih dan witir.
  • Tilawah quran.
  • Sebelum tidur, wudhu dan membaca ayat kursi dan 3 surah terakhir Alquran.
  • Bangun Sepertiga malam, qiyamul lail dilanjutkan dengan tilawah, menambah hafalan, atau Muraja'ah.
  • Membantu/ mempersiapkan Sahur.
  • Sahur dan banyak berdoa di waktu sahur.
  • Memasuki waktu shubuh, menjalankan Shalat sunnah Rawatib Qabliyah dan Shalat Subuh berjama'ah (sangat dianjurkan bagi laki-laki untuk berjama'ah di mesjid).
  • Setelah Shalat Subuh, tilawah sebanyak-banyak, bisa juga menghafal atau muraja'ah, kemudian dilanjutkan dengan membaca wirid (Alma'tsurat).
  • Riyadhoh (olahraga), insyaAllah ini juga bernilai ibadah loh :). Tetapi bukan asmara subuh yang berkedok olahraga, nah lho..
  • Memasuki waktu Dhuha, menjalankan shalat dhuha dengan memaksimalkan jumlah raka'at jika memiliki waktu yang luang di pagi hari. 
  • Sebelum shalat sesaat setelah wudhu, sempatkan shalat sunnah Wudhu. Minimal sekali dalam sehari. Atau kapan saja setelah berwudhu bisa melaksanakan shalat sunnah wudhu. Ini merupakan ibadah yang paling mudah dan ringan karena terdiri dari dua rakaat saja, tetapi ibadah yang mudah ini sering kali kita abaikan. Padahal, Bilal bin Robbah sudah terdengar terompah di syurga karena rutin mengerjakan sholat sunnah wudhu. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah berkata kepada sahabat bilal: "ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga? Sahabat Bilal menjawab: tidak ada amal ibadah yang paling aku harapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka’’. (HR. Bukhari).
  • Memasuki waktu dzuhur, melaksanakan Shalat sunnah Rawatib Qobliyah, mengusahakan Dzuhur berjama'ah, dan sunnah Rawatib Ba'diyah.
  • Tilawah Qur'an.
  • Memasuki waktu Ashar, melaksanakan Shalat sunnah Rawatib Qobliyah, kemudian mengusahakan Ashar berjama'ah.
  • Tilawah Qur'an.
  • Dzikir/ wirid (Alma'tsurat) petang hari.
  • Memberi ta'jil.
  • Alhamdulillah buka Puasa :D.
Selain amalan-amalan di atas kita harus menggunakan waktu kita sebaik mungkin. Misalnya selalu mengisinya dengan dzikir, selalu beristighfar, membaca buku yang bermanfaat, menShare nasihat yang bermanfaat atau tausyiah di media sosial ataupun SMS, mengisi kegiatan bermanfaat, de el el.

Di Ramadhan ini kita juga harus punya target. Misalanya saja memperbanyak tilawah dengan mengkhatamkan minimal sekali selama ramadhan, menambah hafalan beberapa surat atau bahkan sejuz atau lebih (MasyaAllah), de el el.  Ramadhan adalah bulan dimana alquran pertama kali turun, oleh karena itu mari kita memperbanyak tilawah. Setiap satu huruf yang kita baca dihitung satu kebaikan oleh Allah.
"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah maka baginya satu kebaikan karenanya, dan satu kebaikan itu dengan sepuluh perbandingannya, aku tidak mengatakan “alif laam miim” itu satu huruf, tetapi alif itu satu huruf, lam itu satu huruf, dan mim itu satu huruf. (HR At-Tirmidzi)
Alhamdulillah, apalagi dibaca pada saat Ramadhan. InsyaAllah berlipat-lipat pahala yang kita peroleh. Alhamdulillah, MasyaAllah.


Ayo sahabat, kita semangattt..
Kita menangkan "Games" di Bulan Ramadhan Penuh Berkah... :)
Semangat Berburu Pahala di Bulan Ramadhan Penuh Berkah.. :)
Kalau kita aja semangat main games yang belum tentu beroleh pahala, manalagi Ibadah-ibadah di bulan ramadhan yang beroleh pahala berlipat ganda... :D

InsyaAllah selepas Ramadhan ini, kita menjadi insan yang semakin bertaqwa pada Rabbnya, Allah SWT.. Aamiin..


Muara enim



5 Ramadhan 1435 Hijriah

2 komentar:

  1. Assalamu'alaykum, numpang lewaaat :)
    ketahuan nih wini suka main games :P

    kereeen win, izin share ke twitter yaaah :)

    BalasHapus

Enjoy your visiting.. Please, leave your comment.. :)